Nama Prodi | ILMU KOMPUTER |
Akreditasi | Peringkat (BAIK) |
No SK | No. 2670/SK/BAN-PT/Ak-PKP/S/IV/2022 |
Visi | Menjadi Program Studi Ilmu Komputer (ILKOM) yang memiliki keunggulan akademik dan profesional dalam bidang ilmu komputer yang berorientasi global, adaptif terhadap perkembangan teknologi dan informasi serta berjiwa patriotik |
MISI
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang teknologi informasi dan komputer, berjiwa entrepreneur dan dapat dipercaya sehingga mampu bekerjasama dan memberikan kontribusi di tingkat nasional maupun internasional. 2. Mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang teknologi informasi dan kumputer melalui integrasi tri dharma perguruan tinggi dengan mengedepankan moral dan etika serta didukung oleh sumber daya berkelanjutan. 3. Memberikan pelayanan kepada seluruh civitas akademika maupun masyarakat melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat ditingkat nasional dan internasional. 4. Meningkatkan kontribusi dan kerjasama dengan berbagai pihak dengan mengembangkan produk hasil inovasi dan kreasi di bidang teknologi informasi dan komputer di tingkat nasional maupun internasional.
TUJUAN
Menghasilkan lulusan berkualifikasi sebagai berikut : a. Berjiwa Pancasila, memiliki integritas kepribadian yang tinggi dan berjiwa entrepreneur. b. Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi serta dinamika perubahan sosial dan kemasyarakatan, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya. c. Mempunyai kemampuan untuk menerapkan pengetahuan serta keterampilan teknologi yang dimilikinya. d. Menguasai dasar-dasar ilmiah serta pengetahuan dan metodologi sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian yang ada dalam kawasan keahliannya. e. Menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berpikir, bersikap, dan bertindak sebagai ilmuan. f. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bidangnya. 2. Menghasilkan penelitian yang dapat memperkaya khasanah keilmuan dengan menemukan konsep, model, dan paradigma baru di bidang teknologi informasi dan komputer yang berbasis pada moral dan etika dalam rangka mengisi dan menunjang pembangunan regionl maupun nasional. 3. Melakukan pengabdian masysrakat dalam bentuk pembinaan, bimbingan dan konsultasi dlaam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan serta melakukan pemberdayaan masyrakat berbasis pada moral dan etika. 4. Meningkatkan kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak dnegan mengembangkan Bergama produk hasil inovasi dan kreasi di bidang teknologi informasi dan komputer. 5. Melakukan pengembangan sertifikasi kompetensi di bidang teknologi informasi dan komunikasi di tingkat regional, nasional, maupun internasional.
BIDANG KERJA LULUSAN
1) STARTUP ENTERPRENEUR Mampu menganalisis dan merancang model/ rencana bisnis peluang karir kewirausahaan di bidang Teknologi Informasi dan mewujudkannya dalam perusahaan skala kecil (startup company) dengan konsep strategi pemasaran yang tepat.
2) RESEARCHER Memiliki kemampuan menemukan dan merumuskan permasalahan, membuat hipotesis yang benar, menelusuri landasan kepustakaan yang sesuai, memilih metode yang tepat, merancang, mengimplementasikan dan menganalisis hasil uji coba dengan benar, yang semuanya diwujudkan dalam penyajian karya tulis ilmiah.
3) SOFTWARE DEVELOPER 1. Mampu memahami konsep pemrograman baik terstruktur maupun objek oriented dan mampu menerapkannya bersama-sama dengan konsep struktur data dalam menyelesaikan permasalahan di dunia nyata, baik berbasis web maupun desktop. 2. Mampu Memahami dan Menerapkan Teori Basis Data yang meliputi Konsep Dasar Basis Data, Database Management System, Konsep Perancangan Basis Data Relasional, Normalisasi Data, Pemrograman SQL, Konsep Pengembangan Aplikasi Basis data hingga sampai pada Pemeliharaan Basis Data, Konsep Keamanan Basis Data, Data Transaction, dan Data Concurency.
4) INTELLIGENT SYSTEM SPECIALIST 1. Mampu mengidentifikasi, merancang dan mengimplementasikan metode untuk permasalahan deterministic dan probabilistic seperti transportation problem, routing problem, resource allocation problem, game’s theory, dan inventory system menggunakan linear programming, decision tree, dan algoritma heuristic. 2. Mampu memahami state-of-the-art pada beberapa algoritma dari machine learning termasuk neural network, information retrievel, Natural Language Processing, kernel methods, dimensionality reduction, ensemble methods, graph algorithms, uncertainty, data mining, optimization dan mampu mengimplementasikan algoritma tersebut untuk pengolahan data besar menjadi actionable insights.
5) NETWORK SPECIALIST 1. Mampu memahami konsep atau state of the art jaringan komputer dan menuangkan konsep tersebut dalam beberapa hal, yaitu : a. Perancangan jaringan wired dan wireless, b. Implementasi hasil rancangan, c. evaluasi dan analisis jaringan menggunakan algoritma kecerdasan buatan, d. manajemen dan monitoring jaringan. 2. Mampu memahami konsep atau state of the art jaringan komputer guna keperluan administrasi yang meliputi: konfigurasi, mengelolah, pemeliharaan, monitoring dan troubleshooting terhadap perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan dalam jaringan komputer.
6) BIG DATA SPECIALIST 1. Mampu memahami konsep big-data guna merancang, mengembangkan dan membangun infrastruktur big data yang meliputi data ingestions, stream processing, data warehouse, data pipelines, visualization, analytics dan applications. 2. Mampu melakukan, troubleshooting, diagnose permasalahan, performance benchmark, load balance, analissis kode dan dapat memastikan skalabilitas, ketersediaan dan kehandalan arsitektur dan platform big data untuk memenuhi kualitas layanan.
7) GAME SPECIALIST Mampu memahami dan menerapkan metode-metode dalam pengembangan game yang mencakup Rancangan dan desain game, Pemrograman game dengan menggunakan konsep Objek Oriented, Komputer Grafis, dan Kecerdasa Buatan, dan Pengujian game.
8) MOBILE APPLICATION SPECIALIST Memahami dan menguasai konsep pengembangan aplikasi perangkat bergerak pada platform tertentu meliputi tahapan analisis kebutuhan, perancangan, desain antarmuka, desain pengalaman pengguna, desain interaksi pengguna dan implementasi. Serta mampu menggunakan teknik dan perangkat pemrograman dalam pengembangan web.
PROGRAM UNGGULAN
1) Penjurusan atau pemilihan matakuliah kepeminatan yang diadakan mulai semester 5. Terdapat 4 rumpun matakuliah kepeminatan, yaitu Komputasi Berbasis Jaringan (KBJ), Komputasi Cerdas dan Visi (KCV), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), dan Multimedia, Mobile dan Game (MGM). Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa ilmu komputer yang ingin fokus dan memaksimalkan kemampuan di bidang kelimuan yang diminati agar mampu bersaing di dunia kerja sesuai dengan profil lulusan yang menjadi target program studi.
2) Dosen menginstruksikan setidaknya 1 kali selama masa studi mahasiswa untuk mengikuti program bimbingan belajar, training, atau magang di luar kampus baik bersifat daring maupun luring dengan menyertakan bukti sertifikat atau kelulusan telah menyelesaikan program tersebut. Bukti sertifikat atau kelulusan tersebut akan dikonversi oleh dosen sebagai pengganti nilai suatu matakuliah.
3) Mahasiswa melakukan magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada semester 7 di instansi atau lembaga pemerintahan maupun perusahaan yang membutuhkan kemampuan di bidang teknologi informasi dan ilmu komputer yang bekerjasama dengan program studi.