You need to enable javaScript to run this app.

Pendidikan Ekonomi

  • Minggu, 06 Juni 2021
  • Administrator

Nama Prodi

PENDIDIKAN EKONOMI

Akreditasi

B / BAN-PT No. 5215/SK/BAN-PT/Ak-PNB/S/IX/2020 / sejak tanggal 5 - Mei - 2020 sampai dengan 5 Mei 2025

SK Pendirian & Tgl Berdiri

275/DIKTI/KEP/1993 / 10 Mei 1993

Visi

Menjadi Program Studi Unggulan di Jawa Timur pada tahun 2030

 

 

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan sarjana pendidikan ekonomi profesional yang religius, berdaya saing dan menguasai IPTEK dan berwawasan luas serta berperan aktif dalam bidang keahliaannya (profesinya) sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan. b. Mempersiapkan lulusan sarjana yang adaptif dengan memiliki kemampuan berwirausahaan. c. Menyelengarakan penelitian untuk pengembangan ilmu pendidikan ekonomi dan kewirausahaan. d. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan ilmu pendidikan ekonomi dan kewirausahaan. e. Mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak yang terkait, dalam rangka pengembangan pendidikan, penelitian, maupun pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan ekonomi. f. Mempersiapkan program studi pendidikan ekonomi sebagai pusat informasi dan pengembangan potensi diri dalam bidang pengembangan kewirausahaan dan pengajaran ekonomi.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan sarjana pendidikan ekonomi yang religius, professional, berdaya saing dan menguasai IPTEK dan berwawasan luas serta berperan aktif dalam bidang keahliaannya (profesinya) sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan. b. Menghasilkan lulusan sarjana yang adaptif dengan memiliki kemampuan berwirausahaan. c. Menghasilkan penelitian untuk pengembangan ilmu pendidikan ekonomi dan kewirausahaan. d. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan ilmu pendidikan ekonomi dan kewirausahaan. e. Terlaksananya kerja sama dengan berbagai pihak yang terkait, dalam rangka pengembangan pendidikan, penelitian, maupun pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan ekonomi. f. Menjadikan program studi pendidikan ekonomi sebagai pusat informasi dan pengembangan potensi diri dalam bidang pengembangan kewirausahaan dan pengajaran ekonomi.

 

BIDANG KERJA LULUSAN

Pendidik Ekonomi: Sarjana pendidikan ekonomi yang profesional, relijius dan berkarakter,menguasai pembelajaran kreatif, inovatif serta memiliki kemampuan menggunakan IPTEK dalam pembelajaran sehingga mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pendidikan berdasarkan keilmuan pendidikan ekonomi.

Analis Bidang Ekonomi dan Sosial: Sarjana Pendidikan ekonomi yang mampu melakukan penelitian tentang pembelajaran dan meneliti dalam masalah sosial yang meliputi kemiskinan, pengangguran, kesenjangan dan kehidupan ekonomi masyarakat dan mempublikasikan hasil penelitian baik dalam forum ilmiah maupun dalam jurnal-jurnal penelitian berepoutasi, sehingga dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan menemukan ide solutif dalam memecahkan masalah sosial ekonomi yang ada.

Entrepreneur: Sarjana pendidikan ekonomi yang tidak hanya memiliki kemampuan mengajar tetapi juga kemampuan dalam bidang manajerial untuk mengelola usaha mandiri dalam bidang pendidikan ekonomi (misalnya bimbingan belajar, usaha membuat buku ajar atau media pembelajaran) maupun ekonomi (entepreneur murni; usaha bukan bidang pendidikan)

Tenaga Profesional Bidang Koperasi dan lembaga keuangan lain: Sarjana pendidikan ekonomi yang memiliki pengetahuan dan skill pada bidang koperasi dan lemaga keuangan lain (perbankan) dengan prinsip profesionalisme dan konsistensi.

 

PROGRAM UNGGULAN

 

Entepreneurship: Mahasiswa melakukan praktik usaha selama satu semester dengan pantauan Dosen Pengampuh Mata Kuliah Kewirausahaan II, dimana program ini merupakan Project yang ada pada Matakuliah Kewirausahaan II, mahasiswa diharuskan memiliki proposal usaha yang nantinya harus real actionkan, tujuannya setelah mengikuti program ini mahasiswa dapat memiliki usaha yang sudah mapan sehingga begitu mahasiswa lulus harapannya bisa menjadi bekal bagi mahasiswa yang tidak hanya menjadi job seaker pasca lulus kuliah.

Magang UMKM dan Lembaga Keuangan : Mahasiswa diberikan bekal tentang bagaimana mengelola usaha mandiri dengan berbagai sumber belajar, antara lain mahasiswa magang pada UMKM. Magang disini bisa berupa belajar secara langsug dari UMKM tersebut dan berupa pendampingan pada UMKM yang perlu sentuhan atau pendampingan dalam memajukan usaha UMKM tersebut. Sehingga dengan demikian mahasiswa akan mampu dan memiliki bekal dalam mengelola usaha mandiri nantinya serta mampu menjadi entepreneurship yang berkualitas. Selain itu mahasiswa juga akan magang di Lembaga keuangan lainnya seperti pegadadaian mahasiswa akan magang dalam bidang marketing, bahan kajian untuk penelitian dan lain lain yang diperoleh dari pengalaman selama magang di lembaga keuangan pegadaian.

Pembelajaran berbasis digital: pada Prodi Pendidikan Ekonomi terdapat matakuliah media pembelajaran dan TIK Ekonomi yang mengajarkan mahasiswa membuat media pembelajaran yang berbasis teknologi atau berbasis digital berupa video pembelajaran maupun tutorial pembuatan media pembelajaran inovatif

 

 

 

 

Bagikan artikel ini:
Dr. Daryono, M.Pd

- Rektor -

  UNIWARA adalah KAMPUS MERDEKA Kampus Merdeka merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai…

Berlangganan
Banner